Wednesday 18 December 2013

Strategi Baru Militer Jepang Picu Kekhawatiran Cina

BEIJING-(DA) : Pemerintah Cina, Selasa (17/12) mendesak Jepang untuk menghormati masalah keamanan negara-negara regional setelah Tokyo menyetujui paket kebijakan pertahanan untuk memperluas kekuatan militernya.

"Kebijakan Jepang di bidang militer dan keamanan terkait dengan arah pembangunan nasional dan akan berdampak pada keamanan regional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying, seperti dilansir Xinhua.

 Mengingat kegiatan negatif Jepang terkait isu-isu sejarah, negara-negara Asia termasuk Cina dan masyarakat internasional harus mewaspadai tindakan Jepang, ujar Hua ketika diminta untuk mengomentari paket kebijakan pertahanan Jepang.

Kabinet Jepang menyetujui paket kebijakan pertahanan pada hari Selasa. Paket itu mencakup strategi keamanan nasional, pedoman program pertahanan dan rencana pembelian besar-besaran peralatan tempur dari Barat.

 Jepang juga akan meningkatkan peran militernya di luar negeri dan menetapkan pedoman baru untuk ekspor senjata.

"Kami mendesak Jepang untuk meninjau sejarah, mengikuti momentum pembangunan damai dan kerjasama yang saling menguntungkan serta menghormati masalah keamanan negara-negara regional," tegas Hua.

 Dia mengimbau Jepang untuk mengadopsi pembangunan yang damai dan berkontribusi positif bagi perdamaian dan stabilitas regional.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan strategi baru akan memungkinkan militer Jepang untuk lebih memikul tanggung jawabnya di panggung global.

No comments:

Post a Comment